Resep Tape Ketan Hitam Mudah

Resep Tape Ketan Hitam Mudah - Tape ketan hitam sudah menjadi bagian penting bagi dunia jajanan Indonesia. Rasa manis dan asam tape ketan hitam yang hanya dapat dijelaskan oleh indera perasa sudah tidak dapat dilepaskan dari selera khas nusantara. Banyak orang ingin mencoba membuat tape ketan hitam secara mandiri di rumah. Tapi siapa sangka, seringkali rasa tape yang jadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Terkadang tape ketan hitam buatan kita jadi terlalu asam, terlalu manis, atau bahkan keras dan kurang matang. Hal tersebut sedikit banyak membuat orang ragu untuk membuat tape ketan hitam sendiri karena tidak ada garansi rasa yang menjanjikan.

Resep Tape Ketan Hitam Mudah

Tapi anda tak perlu khawatir lagi. Saya akan memberi anda resep tape ketan hitam yang lezat tetapi mudah untuk dilakukan. untuk kali ini, kita coba memakai ukuran untuk membuat tape ketan hitam dengan ukuran setengah kilo gram beras ketan dulu ya. 

Nah, untuk membuatnya, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan berikut.
  • 1/2 kilo gram beras ketan hitam. Pilihlah beras dengan kualitas yang bagus.
  • Daun pisang sebagai pembungkus tape ketan secukupnya
  • 2 gelas air putih
  • 2 butir ragi yang biasa dipakai untuk membuat tempe
  • Gula pasir atau gula halus dengan takaran manis sesuai selera anda

Nah, setelah bahan-bahan yang diperlukan terkumpul lengkap, barulah kita dapat memulai cara membuat tape ketan hitam dengan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:
1)      Pertama-tama, cuci beras ketan hitam sampai benar benar bersih.
2)      Setelah beras ketan hitam benar-benar bersih, rendam ketan hitam selama satu malam penuh. Perendaman ini bertujuan untuk membuat beras ketan hitam empuk, karena tertekstur beras ketan hitam lebih keras dari pada beras lainnya.
3)      Setelah direndam semalaman, ambil dan tiriskan beras ketan hitam di pagi harinya.
4)      Setelah ditiriskan hingga kesat, kukus beras ketan hitam sampai menjadi setengah matang. Jika anda ingin agar ketan hitam anda lebih cepat matang dan empuk. Maka masaklah terlebih dahulu beras ketan hitam sampai cukup empuk. Setelah itu, baru anda dapat mengukusnya.
5)      Sembari menunggu beras ketan usai dikukus, persiapkan dua gelas air panas.
6)      Ketika beras ketan hitam yang anda kukus mulai mengepulkan uap panas, maka siram-siram beras ketan hitam tersebut dengan dua gelas air panas tersebut perlahan-lahan sembari mengaduk rata ketan hitamnya. Pastikan semua bagian ketan hitam telah terkena panas secara merata.
7)      Setelah anda memastikan seluruh bagian ketan hitam telah teraduk secara merata, maka tutuplah kembali kukusan dan kukus ketan hitam sampai matang.
8)      Setelah matang, angkat beras ketan hitam kukusan dan taburkan merata di atas nampan besar. Tunggu hingga beras ketan hitam menjadi dingin.
9)      Sembari menunggu ketan hitam anda dingin, anda dapat menghaluskan dua butir ragi
10)   Ambil wadah berukuran besar atau sedang, alasi dengan daun pisang sampai menutupi seluruh permukaan wadah dengan rapi. Setelah rapi, gelar lapisan pertama ketan hitam dan ratakan dengan baik. Setelah tertata dengan rata, taburkan ragi yang telah halus di atasnya secara merata. Anda dapat juga menaburkan gula halus atau kasar untuk menambah rasa manis sesuka anda. Namun, sebetulnya itu tidak wajib.
11)   Setelah rata, anda dapat meletakkan ketan hitam lapisan kedua di atasnya serta gula halus opsional juga.
12)   Silakan lakukan tahap pelapisan sampai ketan hitam anda habis. Ulangi tiap tahap dengan sama untuk mendapatkan rasa yang merata sempurna.
13)   Setelah adonan ketan hitam anda habis, tutup permukaan ketan hitam dengan daun pisang dengan rapat. Anda dapat menggunakan dua lapis daun pisang jika tidak yakin hanya dengan menggunakan
14)   Tutup kembali wadah yang anda gunakan untuk menyimpan ketan hitam. Tutup rapat dan bairkan selama 3 hari dua malam sampai terjadi fermentasi sempurna. Pastikan anda tidak membukanya sama sekali meskipun sekedar untuk mengintip karena hal tersebut akan menggagalkan hasil tape ketan hitam.
15)   Simpan wadah berisi bakal tape ketan tersebut d tempat yang hangat.
16)   Ketika sudah melewati 3 hari dan aroma tape ketan hitam sudah menguat, itu pertanda tape anda telah matang dan siap dikonsumsi.
Baca juga:Resep membuat lemet dari tepung ketan
Dan tape ketan hitam enak spesial buatan anda telah jadi dan siap disantap. Yummm sudah tidak sabar kan? Tape ketan hitam buatan anda akan sangat pas disajikan untuk keluarga dan juga dijadikan jamuan untuk bertamu. Pastikan anda memilih ketan hitam dan bahan-bahan pelengkap berkualitas baik untuk menghasilkan tape ketan hitam enak yang lezat. Selamat mencoba ya.