Resep Lapek Ketan Pisang Khas Padang

Resep Lapek Ketan Pisang Khas Padang - Berkunjung ke daerah Padang akan terasa sia-sia jika anda tidak menikmati makanan khas daerah sana. Sama halnya dengan daerah lainnya, Padang pun tak mau kalah dalam menghadirkan makanan khas bercita rasa lezat dan nikmat. Adapun makanan khas Padang adalah lapek ketan pisang. Ketan pisang khas padang merupakan jajanan basah yang bahan utamanya adalah ketan dan pisang. Untuk membuat lapek ketan pisang yang menjadi makanan khas bagi daerah Padang tersebut hanya memakan sedikit waktu. Proses pembuatannya juga sangat mudah, sehingga anda yang bukan warga padang pun dapat membuatnya dengan berpedoman pada resep lapek ketan pisang khas padang.

Resep Lapek Ketan Pisang Khas Padang

Setiap makanan yang lezat pasti menggunakan resep dalam pengolahannya. Sehingga resep menjadi satu-satunya kunci untuk mendapatkan rasa enak dan lezat pada makanan seperti yang diinginkan. Takaran bahan harus sesuai dengan resepnya supaya rasa jajanan berbahan ketan seperti lapek pisang tidak menyimpang. Berikut adalah ulasannya dari Hiresep.

Nah, untuk bahan-bahan resep lapek ketan pisang khas padang dapat anda lihat dibawah ini:
- Sediakan 250 gram ketan putih
- Siapkan 10 buah pisang raja yang matang
- 250 gram gula pasir
- 1 buah Kelapa yang diparut
- Garam seukuran satu sendok makan
- Air putih seperlunya
- Daun pisang yang masih untuk membungkus adonan

Untuk peralatan dapur yang dibutuhkan saat membuat ketan pisang lapek khas padang berupa:
-     Wadah sebagai tempat melumat pisang raja yang matang
-     Sendok sebagai alat pelumat pisang sekaligus sebagai alat takar garam
-     Wadah untuk meniris ketan yang sudah direndam
-     Parut untuk memarut 1 buah kelapa
-     Panci untuk memasak adonan lapek ketan pisang
-     Kompor gas sebagai alat memasak adonan ketan pisang lapek

Langkah yang harus ditempuh dalam membuat ketan pisang khas padang adalah sebagai berikut:
1)    Bersihkan ketan dengan air putih
2)    Rendam ketan selama kurang lebih 1 jam
3)    Tirislah ketan yang anda rendam
4)    Lumatkan pisang menggunakan sendok pada sebuah wadah
5)    Masukkan gula, garam dan parutan kelapa
6)    Aduklah adonan
7)    Bungkus adonan menggunakan daun pisang
8)    Kukuslah sampai matang pada panci selama kurang lebih 30 menit
9)    Perhatikan nyala api kompornya dan sebaiknya anda masak pada api yang menyala sedang agar tidak hangus.

Demikian informasi mengenai bahan dan peralatan yang harus tersedia untuk pembuatan ketan pisang khas Padang. Adapun penggunaan daun pisang yang masih muda sebagai pembungkus jajan ketan pisang adalah supaya jajan ketan pisang lapek terasa lebih enak dan untuk memberikan sedikit sentuhan warna kehijauan. Jajan basah berupa lapek ketan didaerah Padang dapat ditemukan dengan mudah di pasar dan di tempat yang dekat dengan kawasan wisata agar dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga yang menanti di rumah. 
Baca juga:
Nah dengan tersedianya resep lapek ketan pisang di internet, maka anda tidak perlu jauh-jauh ke Padang hanya untuk mencicipi jajanan basah tersebut. Pada proses pembuatan jajanan basah khas Padang ini, banyak hal yang perlu diperhatikan seperti nyala api kompor, takaran bahan dan lainnya. Sebenarnya hasil rasa yang dihasilkan dalam memasak menggunakan kompor gas itu berbeda dengan hasil memasak menggunakan kayu bakar. Sehingga anda dapat memilih kayu bakar sebagai alat untuk memasak jajan ketan pisang jika anda ingin mendapatkan rasa ketan pisang yang sama dengan rasa lapek pisang ketan khas Padang.