Resep Kue Kecipir Wijen Tepung Beras

Resep Kue Kecipir Wijen Tepung Beras - Cemilan yang juga bisa menjadi salah satu kesukaan keluarga adalah cemilan kue kecipir Wijen. Anda tentu sudah tidak asing dengan jenis makanan ini. Nama kecipir dari kue ini dikarenakan bentuknya yang mirip seperti sayuran yang bernama kecipir. Anda biasanya bisa membeli makanan ini di toko cemilan namun jika anda ingin mencoba untuk membuatnya sendiri maka anda bisa mencoba untuk mengikuti resep kue kecipir wijen berikut ini. 

Resep Kue Kecipir Wijen Tepung Beras

Resep ini sangat mudah untuk di lakukan dirumah. Bahan yang harus dipersiapkan juga tidak sulit untuk ditemukan. Simak resep nya dari Hiresep dibawah ini. 

Berikut ini adalah bahan yang diperlukan untuk membuat kue kecipir wijen tepung beras yang lezat:
     Tepung beras ketan sebanyak 500gr
     Mentega sebanyak 250gram
     gula pasir sebanyak 250gram
     telur sejumlah 3 butir
     wijen secukupnya atau disesuaikan dengan selera
     minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara untuk membuat resep kue kecipir wijen:
1.    Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan mangkuk besar untuk mengocok telur dan juga gula hingga mengembang. Selanjutnya disusul dengan memasukkan mentega. Campurkan dengan cara mengaduk hingga semua bahan benar benar tercampur rata. Saat mencampurkan mentega maka anda harus memastikan mentega tercampur dengan baik.
2.    Jika anda ingin cara yang lebih mudah untuk mencampurkan mentega maka anda bisa melelehkan terlebih dahulu mentega dengan api. setelah mentega mencair maka akan lebih mudah untuk anda mencampurkan dengan adonan telur yang sudah ditambahkan dengan gula pasir. Anda sebaiknya menggunakan mixer dengan kecepatan rendah untuk mencampur mentega ini. cara ini juga mencari cara yang banyak dipilih untuk mencampur mentega dengan mudah. Namun jika anda ingin langsung memasukkan mentega tanpa harus dicairkan terlebih dahulu juga tidak masalah asalkan bisa tercampur dengan baik.
3.    Step yang selanjutnya, anda bisa menambahkan tepung beras ketan yang sudah disiapkan. Jangan lupa masukkan juga wijen secukupnya. Jika semuanya sudah dimasukkan, anda harus menguleninya hingga adonan menjadi kalis. Untuk membentuk adonan agar bisa berbentuk kecipir maka anda harus menggunakan cetakan corong berbentuk mawar. Anda bisa mencetaknya memanjang sekitar lima cm.
4.    Setelah semuanya habis tercetak, anda bisa menggorengnya di minyak yang masih hangat atau belum panas agar hasilnya renyah dan tidak gosong. Api yang digunakan juga jangan terlalu besar karena adonan ini mengandung gula sehingga cepat membuat adonan gosong saat digoreng. Cara ini sama seperti ketika anda menggoreng kerupuk udang. Jika menggoreng saat minyak sudah panas dan mendidih maka kerupuk akan gosong dan tidak akan bisa mengembang. Dengan mengetahui tehnik menggoreng ini maka anda nantinya akan lebih memahami makanan apa yang harus digoreng dengan api besar dan harus digoreng dengan api yang masih belum mendidih.
Baca juga:
Jika anda penasaran dengan hasil resep kue kecipir wijen maka anda harus segera mencobanya di rumah. Cemilan ini bisa disajikan untuk keluarga, tamu, dan siapa saja yang datang ke rumah. Kue ini juga sering dijadikan sebagai suguhan di acara yang istimewa seperti hari raya idul fitri atau acara lainnya. bahan yang digunakan untuk membuat kue kecipir wijen lezat sangat sederhana. Cara membuatnya juga sangatlah mudah dan sederhana. Anda tidak perlu takut gagal dengan hasilnya karena bakat memasak akan muncul jika anda sering mencobanya.