Resep Bolu Kemojo Khas Riau Mudah

Resep Bolu Kemojo Khas Riau Mudah - Pada setiap daerah pasti terdapat warisan kuliner yang sampai saat ini masih terjaga, sebagai contohnya adalah bulo kemojo khas Riau. Bulo kemojo adalah makanan dalam bentuk kue yang terbuat dari campuran bahan tepung, santan, telur dan bahan lainnya dengan rasa manis. Kue khas Riau yang dinamakan bolu kemojo ini sangat cocok disajikan sebagai menu berbuka puasa, acara hajatan dan acara-acara lainnya. Mengenai rasa kue bolu kemojo khas Riau tidak perlu diragukan karena dari bentuk kuenya saja sudah dapat menggoda lidah. Sehingga tak heran jika banyak orang yang berasal dari luar daerah pulau Riau tertarik untuk membuat kue bolu kemojo.

Resep Bolu Kemojo Khas Riau

Sebelum berencana membuat kue bolu kemojo khas Riau, tentu saja anda harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa resep bolu kemojo khas Riau agar anda bisa membuat kue bolu kemojo dengan rasa yang benar-benar dapat menggugah selera. Melihat model kuenya yang menarik, anda tentu tak sabar ingin segera membuatnya di rumah. Nah bagi anda yang akan membuat kue khas daerah Riau bernama bolu kemojo ini, jangan sampai ada bahan yang terlupakan karena jika ada satu bahan yang terlupakan maka kue kemoja yang anda buat pasti akan terasa kurang enak. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan resepnya dari Hiresep berikut ini dengan baik.

Bahan untuk pembuatan kue bolu kemojo yaitu:
-           Tepung segitiga sebanyak 300 gram
-           Telur ayam sebanyak 6 butir
-           Air santan sebanyak 3 gelas
-           Perasan air pandan secukupnya
-           Margarin sebanyak 250 gram
-           Gula pasir sebanyak 250 gram
-           Garam sebanyak ½ sendok makan
-           Vanili secukupnya

Peralatan yang harus tersedia sebelum melakukan pembuatan kue kemojo, antara lain:
- Wadah berukuran besar agar adonan tidak tumpah
- Mixer untuk mengocok telur dan gula sampai mengembang
- Oven untuk memanggang adonan agar matang
- Cetakan atau yang biasa disebut Loyang sebagai tempat mencetak adonan
- Gelas dan sendok untuk digunakan sebagai alat takar
- Wadah khusus untuk menyimpan kue bolu kemojo aman dari kerumunan semut

Berikut cara membuat kue kemojo khas daerah Riau:
1)    Telur yang berjumlah 6 butir dicampur dengan gula pasir sebanyak 250 gram dan diaduk hingga mengembang
2)    Masukkan 3 gelas air santan yang sudah berbaur dengan perasan air daun pandan, 300 gram tepung, 250 gram margarine yang sudah dilelehkan, ½ sendok garam dan vanili secukupnya pada satu wadah, lalu diaduk sampai rata
3)    Siapkan cetakan yang sudah dipanaskan
4)    Tuang adonan
5)    Lakukan pengovenan selama kurang lebih 40 sampai 45 menit pada suhu 175 derajat celcius
6)    Angkatlah kue bolu kemojo dari cetakan
7)    Setelah dingin, anda dapat memotong-motong kue bolu kemojo dengan bentuk yang anda sukai.
Baca juga:
Itulah resep bolu kemojo khas Riau yang dapat anda coba buat di ruangan dapur rumah untuk menemani teh hangat dipagi hari. Perlu diketahui bahwa warna hijau pada kue bolu kemojo tercipta oleh warna hijau hasil perasan air daun pandan atau sari pandan, bukan berwarna hijau karena menggunakan pewarna makanan. Menggunakan pewarna makanan ataupun bahan pengawet untuk kue bolu kemojo tidak lah baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, dipilihlah daun pandan sebagai bahan penambah rasa. Digunakannya daun pandan tentu saja bertujuan agar cita rasa kue kemojo semakin lezat. Selain itu, penggunaan daun pandan adalah sebagai pemberi aroma wangi pada kue bolu kemojo khas Riau.