Resep Wajik Kletik Bungkus Kertas Minyak

Resep Wajik Kletik Bungkus Kertas Minyak - Indonesia memang terkenal dengan keberanekaragamannya mulai dari budaya bahkan sampai makanannya. Hampir setiap daerah memiliki makanan khas yang enak-enak. Atau saat menjumpai suatu makanan, seseorang akan langsung tahu dari mana asal makanan tersebut atau makanan khas daerah mana. Salah satu daerah yang memiliki banyak makanan khas yang tentunya enak adalah jawa. Makanan di jawa terkenal dengan cita rasa yang enak dan hampir semua orang menyukainya. Salah satu makanan yang terkenal adalah wajik kletik. Resep wajik kletik disukai oleh banyak orang karena rasanya yang enak dan rasa manisnya yang legit.
 
Resep Wajik Kletik Bungkus Kertas Minyak

Wajik kletik bisa ditemui dalam banyak kesempatan. Karena kekhasannya, banyak masyarakat jawa yang membuat makanan enak ini dalam acara-acara hajatan atau dalam setiap hari raya lebaran. Meski tidak dalam acara-acara tersebut, anda masih dapat menemui makanan satu ini di toko-toko makanan khas jawa atau oleh-oleh di jawa. Namun, jika anda tidak ingin membelinya di toko, anda sebenarnya dapat membuatnya sendiri dirumah. Wajik dapat dibuat sendiri dengan mudah. Anda dapat memanfaatkan kertas minyak yang berwarna-warni sebagai pembungkusnya. Selain kertas minyak yang tidak mudah lengket untuk menjadi pembungkus, warna-warni yang beraneka macam dapat membuat daya tarik tersendiri bagi wajik kletik yang legit. Berikut ini adalah resepnya dari Hiresep untuk anda.

Resep Wajik Kletik Bungkus Kertas Minyak

Bahan-bahan Resep wajik kletik:
     Beras ketan putih 250 gram
     Gula pasir 1 kilogram
     Agar-agar bubuk 2 bungkus
     Kelapa 2 butir
     Vanili 1 sendok teh
     Nanas 1 buah (dapat diganti dengan buah atau rasa lain)
     Kertas minyak warna-warni secukupnya (potong dengan ukuran 10 X 10 cm)

Cara membuat wajik kletik:
     Langkah pertama adalah mengukus ketan putih pada panci sampai matang. Cara mengetahui kematangannya adalah dengan mengecek teksturnya apakah sudah lunak.
     Langkah kedua adalah menyiapkan nanas dan kelapa untuk diparut. Setelah diparut halus, campur dan aduk menjadi satu di dalam sebuah wadah.
     Masukkan vanili dan gula pasir kedalam wadah sebelumnya dan aduk sampai merata.
     Agar semua bahan tercampur secara merata, ada baiknya jika anda mengaduknya secara langsung dengan menggunakan tangan yang telah dibungkus dengan menggunakan plastik.
     Masukkan adonan tersebut kedalam wajan penggorengan dan masak diatas kompor dengan nyala api sedang.
     Agar adonan tidak gosong sebaiknya aduk adonan tersebut terus menerus sampai setengah matang.
     Setelah adonan cukup setengah matang, masukkan ketan putih yang telah dikukus sebelumnya ke dalam wajan penggorengan berisi adonan tersebut.
     Aduk seluruh adonan hingga merata dan tercampur menjadi satu.
     Kemudian, masukkan agar-agar bubuk dan aduk sampai adonan menjadi gumpalan-gumpalan.
     Aduk terus adonan sampai matang. Cara mengetahui kematangannya adalah saat terdapat warna putih di pinggiran wajan.
     Angkat adonan dan masukkan kedalam wadah.

Cara membungkus wajik kletik dengan kertas minyak:
     Siapkan kertas minyak warna-warni yang telah dipotong kecil-kecil
     Ambil adonan wajik kletik sebanyak satu sendok makan kemudian letakkan diatas kertas minyak dan bungkus dengan bentuk sesuai selera.
     Wajik kletik siap untuk dihidangkan dan dinikmati.
Baca juga : Resep Kue Bobengka Khas Ambon
Cara membuat Resep wajik kletik yang enak sama sekali tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu lama. Hanya saja dibutuhkan ketelatenan dalam membungkusnya ditahap akhir agar wajik kletik dapat terhidang dengan manis.