Resep Kue Semprong Tradisional Aneka Warna

Resep Kue Semprong Tradisional Aneka Warna - Kue semprong sering disajikan pada saat anda hari pernikahan di indonesia. Terkadang kue semprong di sajikan pada saat hari raya idul fitri. Kue tradisional indonesia ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan turun temurun di wariskan ke masyarakat. Dengan bentuk yang panjang seperti egg rool. Rasanya lebih manis dan gurih dibandingkan egg roll. Biasanya kue semprong berwarna putih cream. 

Resep Kue Semprong Tradisional Aneka Warna

Pada kesempatan kali ini Hiresep akan memberikan resep kue semprong tradisional yang memiliki banyak warna. Sehingga kue semprong akan tampak lebih menggoda untuk disantap apalagi oleh anak. Anda bisa menambahkan warna merah, hijau, kuning, biru dan lainnya. Sehingga anak-anak pun semakin suka memakan kue tradisional khas indonesia ini. Cara membuatnya mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahan yang digunakan juga bisa anda temukan di pasar tradisional. Mari langsung saja kita bahas dibawah ini mengenai bahan dan cara membuatnya. 

Resep Kue Semprong Tradisional Aneka Warna

 
Bahan-Bahan Untuk Membuat Kue Semprong:
 1 L santan kental
 400 gram tepung terigu
 150 gram tepung sagu
 500 gram gula pasir
 6 butir telur ayam
 4 sendok makan wijen hitam
 Pewarna makanan secukupnya. Pilihan warnanya sesuai selera

Langkah-Langkah Membuat Kue Semprong Tradisional
Dalam membuat resep kue semprong tradisional berikut ini langkah-langkahnya:
  1.  Masukan tepung terigu, tepung sagu dan gula pasir dalam satu wadah. Campur ketiga bahan tersebut sampai tercampur rata.
  2.  Masukan telur ayam satu persatu sambil tetap di aduk. Untuk hasil yang lebih rata aduk dengan menggunakan mixer. Usahakan semua bahan benar-benar ulet atau tercampur rata.
  3.  Sambil di aduk masukan santan sedikit demi sedikit. Sampai adonan tercampur rata dan adonan menjadi agak cair.
  4.  Jika sudah tercampur rata, saring adonan dengan menggunakan saringan halus. Adonan di saring supaya hasil adonannya lebih halus.
  5.  Masukan wijen ke dalam adonan sampai rata.
  6. Pisahkan adonan menjadi 4 wadah. Bisa juga disesuaikan dengan warna yang akan anda berikan. Tambahkan pewarna makan yang sudah anda siapkan. Aduk sampai rata.
  7.  Siapkan cetakan kue semprong yang sudah diolesi mentega supaya tidak lengket. Anda bisa memanasi cetakan kue semprong terlebih dahulu. lalu masukan adonan kue semprong sedikit demi sedikit ke cetakan.
  8. Tutup cetakan dan panggang kurang lebih selama 5 menit.
  9.  Gulung adonan yang sudah di panggang secara perlahan pada saat masih panas, supaya lebih mudah untuk di gulung.
  10.  Kemudian biarkan sebentar supaya kue semprong gulung matang sempurna.
Kini kue semprong tradisional anda sudah jadi. Lakukan cara diatas secara berulang. Jadi untuk membuat kue semprong memang membutuhkan waktu yang lama. Anda haru memanggang dan menggulung kue satu persatu. Tidak bisa dilakukan secara bersamaan, pada saat proses menggulung juga harus hati-hati. Jangan sampai ada bagian yang rusak atau sobek. Anda harus menggulang ketika adonan setengah matang dan belum terlalu kering. Jika sudah terlalu kering akan membuat adonan cepat patah. Lebih baik anda membuatnya berdua atau bertiga agar lebih cepat selesai.
Baca juga : Resep Kue dari Ubi
Bagaimana mudah bukan? Tidak membutuhkan bahan dan alat yang sulit. Untuk rasa manis dan gurihnya bisa disesuaikan dengan keinginan anda. sekian artikel tentang resep kue semprong tradisional. Semoga ulasan Hiresep ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.