Resep Apem Selong Empuk Istimewa

Resep Apem Selong Empuk Istimewa - Siapa tak kenal kue apem? Kue apem dengan berbagai variasi kreasinya sudah menjadi makanan khas indonesia. Tapi tahukah anda apa filosofi di balik kue apem yang begitu nikmat kita kunyah dan begitu lembut kita telan? Sebagian dari anda mungkin sudah tahu bahwa kue apem adalah peninggalan wali songo yang menyebarkan ajaran islam di kawasan nusantara, khususnya pulau jawa. Bahkan kata “apem” pun merupakan plesetan lidah jawa dari istilah “afwun” yang menjadi dasar filosofis kue ini. Kue yang berasal dari bahan dasar beras ini dahulu banyak dibuat saat menjelang ramadhan, pada suatu tradisi saling meminta maaf dan syukuran tolak bala yang dimanai “megengan”. 

Resep Apem Selong Empuk Istimewa

Apem sendiri merupakan simbol permohonan maaf dan dinamai “afwun”, yang secara bahasa arab artinya adalah pengampunan. Namun, karena penyebutan “afwun” terlalu sulit diucapkan, maka orang jawa menyederhanakannya dalam sebutan “apem”. Salah satu jenis apem yang banyak dibuat untuk tradisi megengan adalah kue apem selong.

Nah, apa sih sebenarnya perbedaan apem selong dengan apem-apem lainnya? Pada dasarnya, semua jenis apem dibuat dengan bahan dasar tepung beras dengan bentuk bulat. Perbedaan yang dimiliki apem selong adalah adanya pinggiran yang berbentuk seperti kulit kering yang memberikan efek krispi pada apem ini. Selain itu, kue apem selong memiliki bentuk lebih tipis dan kaya akan rasa kelapanya. Kue apem selong juga dilengkapi dengan irisan pandan yang menambah cita rasa sedapnya.
Baca juga: Resep apem panggang
Nah, setelah tahu latar filosofis dan ciri khas apem selong, alangkah baiknya jika kita mencoba resep kue apem selong yang merupakan kreasi apem khas surabaya dari Hiresep ini. Untuk membuatnya, anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini.


Resep Apem Selong Empuk Istimewa


Bahan dasar
     250 gram tepung beras
     125 gram gula pasir
     500 ml santan
     1 butir telur

Bahan biang
     5 gram ragi instan
     1 sendok makan tepung terigu
     1 sendok makan gula pasir
     50 ml air

Selanjutnya, resep kue apem selong menggunakan bahan-bahan tersebut dapat dieksekusi dengan langkah-langkah berikut:
1.    Tuang bahan biang dalam mangkok dan aduk merata. Diamkan selama 5 menit.
2.    Campur bahan dasar dan bahan biang, namun sisakan santan untuk tahap selanjutnya ya. Aduk dan uleni secara merata sampai semua bahan menyatu dan tampak lembut, tambahkan santan sedikit demi sedikit sampai habis.
3.    Diamkan adonan selama kurang lebih satu jam.
4.    Siapkan cetakan apem, panaskan di atas kompor dengan diolesi dengan mentega. Olesan mentega ini berguna agar adonan tidak lengket saat dipanggang.
5.    Tuang adonan ke dalam cetakan kemudian tekan cetakan agar terbentuk pinggiran krispi, tunggu sampai matang
6.    Anda dapat mengatur kadar santan untuk menyesuaikan tingkat keempukan selera anda.
Baca juga: Resep kue dapros singkong
Setelah matang, angkat dan sajikan apem di atas piring yang dilapisi daun pisang. Aroma wangi kelapa dan pandan dalam apem yang disuguhkan di atas alas daun pisang akan menggugah selera siapa saja. Anda dapat memakan apem hangat-hangat untuk menangkap aroma wanginya. Namun, jika anda ingin mengemasnya untuk sebuah acara, maka tunggu sampai apem dingin. Itulah dia serangkaian resep apem selong yang kini ada di tangan bunda. Agar lebih variatif, bunda dapat menambah potongan kecil nangka atau buah lain di dalam apem untuk inovasi rasa atau bahkan toping yang ingin ditambahkan. Dengan demikian, kue apem selong buatan bunda akan terasa sangat istimewa. Selamat berkreasi, bunda.